Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Saja Lahir

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Saja Lahir  – Berjumpa lagi dengan kami bacaandoa.alwib.net di kesempatan hari ini kami akan membahas tentang bagaimana doanya ketika hendak mencukur rambut bayi yang baru lahir sebagaimana ketika ada acara aqiqah maka ada aturan untuk mencukur rambut bayi itu merupakan sunnah yang pada umumnya pemotongan rambut ini dilakukan yaitu pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi.

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Saja Lahir

Bagi mereka yang mampu maka proses pemotongan rambut ini diiringi saat proses aqiqah seperti riwayat berikut ini:

مَعَ الْغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَأَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلأَذَى

Artinya:””Setiap anak ada aqiqahnya, sembelihlah aqiqah untuknya dan buang kotoran darinya” (HR. Bukhari : 5471).”

Sedangkan dalam riwayat lain dari Samurah R.A rasullulah bersabda yang artinya:

 “Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih di hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur kepalanya” (HR. Nasai 4149, Abu Daud 2837, Turmudzi 1522, dan dishahihkan Al-Albani).”

Sedangkan Ibnu Abdil Bar mengatakan sebagai berikut:

الحلق معنى أميطوا عنه الأذى

 Artinya:”Makna “buang kotoran dari bayi” adalah mencukur rambutnya. (Al-Istidzkar, 5/315).”

Hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau menyuruh Fatimah “Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu”. Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Tirmidzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir

Doa Mencukur Rambut Bayi
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. اللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَنُوْرُ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ ، اللّٰهُمَّ سِرُّ الله نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Biasanya saat mencukur rambut di tutup dengan meniup ubun ubun adapun doanya sebagai berikut:
اللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيْذُهَا وَذُرِيَّاتَهَا بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Baca juga: Doa Untuk Bayi Yang Baru Lahir Lengkap Arab Latin Berikut Artinya

Apabila kita dirasa mampu secara ekonomi untuk melaksanakan prosesi aqiqah maka memotong rambut bayi ini tepat di hari ke 7 setelah kelahiran dan sekaligus bayi tersebut diberi nama. Demikianlah bagaimana Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Saja Lahir semoga postingan ini dapat membantu anda, sekian dan sampai jumpa.

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Saja Lahir | Nana Efendi | 4.5